Space Ads

Jumat, 30 Desember 2011

Inovator Komputer Modern Wafat


GelasMac - Dunia teknologi kehilangan cukup banyak sosok berpengaruh di tahun ini. Mulai dari mantan CEO Apple Steve Jobs, hingga pencipta bahasa pemrograman C dan sistem operasi Unix, Dennis Ritchie. Ada satu nama yang hampir luput terpublikasi, Jacob E. Goldman.

Goldman menutup deretan tokoh teknologi yang berpulang di 2011. Ahli fisika pendiri pusat riset Xerox PARC ini meninggal Selasa 22 Desember silam.

Ranah teknologi berhutang banyak padanya. Hasil karyanya mengembangkan user interface grafis dan jaringan ethernet adalah sebuah terobosan yang mengubah dunia komputasi.

Dilansir New York Times, Jumat (30/12/2011), Xerox PARC yang didirikan pada 1970 juga menjadi sejarah dunia komputer. Laboratorium risetnya adalah cikal bakal lahirnya komputer modern. Tempat ini adalah gudang inovasi yang kini ada di beragam produk teknologi yang kita gunakan sekarang.

Mulai dari laser printing hingga pemrograman berorientasi objek pertama di dunia yang disebut WYSIWYG (What-You-See-Is-What-You-Get) editor. Pada 1975, Xerox juga yang pertama menciptakan user interface grafis dengan kontrol klik dan tunjuk, menu pop-up dan window.

Sayangnya, kehebatan Xerox dalam menghadirkan inovasi tidak dibarengi dengan kecakapan memanfaatkan inovasinya itu untuk dibawa ke pasar. Apple dan Microsoft lah yang akhirnya jeli melihat peluang.

Kedua raksasa teknologi ini mengembangkan inovasi Xerox dan meluncurkan beragam produk teknologi yang sukses. User interface grafis ciptaan Xerox adalah salah satu inovasi yang berpengaruh besar dalam kesuksesan Apple dan Microsoft.

Steve Jobs sendiri adalah salah satu pengagum Goldman dan Xerox. Dalam buku biografi Steve Jobs yang ditulis Walter Isaacson, digambarkan bagaimana mendiang Jobs kala itu terpukau dengan beragam karya teknologi yang dihasilkan Xerox PARC.

"Mereka ibarat duduk di kursi emas. Saya tidak percaya mengetahui bahwa Xerox tidak memanfaatkannya," kata Jobs saat berkunjung ke Xerox pada 1979.

Goldman yang lahir 18 Juli 1921 pensiun dari Xerox pada 1982. Lulusan Yeshiva University dan penerima gelar Master dan Doktor di bidang fisika dari University of Pennsylvania ini meninggal di usia 90 tahun karena kegagalan jantung kongestif.

(sumber - Detikinet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar